Pilih Laptop | Website Spesifikasi Lengkap dan Review Laptop No. 1 di Indonesia

Pilih Laptop | Website Spesifikasi Lengkap dan Review Laptop No. 1 di Indonesia

Cara Memilih Laptop Gaming yang Tepat tahun 2021

12 min read
LAPTOP GAMING

Berikut ini adalah cara yang INTEL berikan untuk memilih laptop gaming terbaik di 2021 !

Cara memilih laptop gaming tahun 2021

FOKUS UTAMA:

  1. Menyeimbangkan kemampuan dan portabilitas saat memilih sistem
  2. Pilih CPU dan GPU dengan hati-hati, khususnya jika Anda berencana untuk bermain game dengan resolusi atau kecepatan frame yang tinggi
  3. Dapatkan waktu muat lebih cepat dengan SSD NVMe
  4. Hubungkan periferal eksternal untuk meningkatkan pengalaman Anda saat bermain game di rumah

Sering kali sulit untuk tahu dari mana harus memulai saat memilih laptop gaming baru. Ada beragam fitur yang perlu dipertimbangkan, termasuk layar, faktor bentuk dan ukuran, masa pakai baterai, dan tentu saja, komponen yang mendukung semuanya.

Meng-upgrade laptop gaming dengan perangkat keras baru biasanya tidak mudah dilakukan, sehingga penting untuk merencanakan ke depan dan memikirkan bagaimana Anda ingin menggunakan sistem Anda. Memprioritaskan fitur yang paling penting bagi Anda adalah langkah pertama yang tepat.

Kita akan membahas semua topik ini dengan lebih detail, tetapi mari kita mulai dengan membahas beberapa hal mendasar.

Memilih Laptop Gaming Terbaik: Fitur Utama

  • Layar. Ukuran, resolusi, dan kecepatan refresh dapat memengaruhi pengalaman bermain game Anda. Apakah Anda ingin memprioritaskan resolusi tinggi atau layar dengan kecepatan refresh tinggi, atau Anda berencana untuk menggunakan monitor eksternal?
  • CPU dan GPU. Bandingkan spesifikasi komponen seperti jumlah inti dan kecepatan clock, serta periksa benchmark untuk perbandingan cepat antara berbagai lini produk.
  • Memori dan penyimpanan. Kenali perbedaan antara SSD dan HDD, dan tentukan berapa RAM yang Anda butuhkan untuk menggunakan sistem Anda.
  • Desain. Laptop yang ringan mungkin mudah dibawa saat bepergian, tetapi perangkat keras yang lebih canggih mungkin menjadi prioritas utama saat bermain game yang menuntut di rumah.
  • Port dan input. Rencanakan jumlah periferal yang akan Anda gunakan, termasuk penyimpanan eksternal dan audio. Apakah Anda perlu fleksibilitas lebih, ruang lebih, atau port berkecepatan tinggi tambahan?

 

Cara memilih laptop gaming tahun 2021

Layar Laptop

Mari kita lihat lebih lanjut fitur yang akan Anda temukan saat mempertimbangkan laptop gaming, dimulai dengan hal pertama yang Anda lihat saat membukanya: layar.

Layar yang tepat akan memberikan dampak yang signifikan pada pengalaman bermain game Anda, tetapi ada lebih banyak faktor yang perlu dipertimbangkan selain ukuran layar.

Layar Laptop: Fitur Utama

  • Resolusi. Semakin tinggi resolusi, semakin banyak piksel yang ditampilkan pada layar, dan itu berarti gambar yang lebih jelas. Laptop baru mungkin memiliki layar 1440p atau 4K menggantikan standar 1080p, tetapi perangkat keras yang diperlukan untuk mendukung game dengan resolusi ini mungkin akan menambah besaran biaya.
  • Kecepatan refresh. Layar dengan kecepatan refresh yang tinggi dapat membuat aksi yang tampil di layar terlihat lebih halus dan lebih mudah untuk diikuti. Hal ini dapat tercapai dengan menyegarkan gambar lebih banyak dalam satu detik. Banyak layar laptop gaming menggunakan teknologi ini, beberapa laptop memiliki kecepatan refresh 120 Hz atau 133 Hz (atau bahkan lebih tinggi).
  • Ukuran layar. Faktor bentuk dan ukuran laptop dan ukuran layar bervariasi, di mana layar 13, 15, dan 17 inci menjadi konfigurasi yang paling umum. Bezel tipis (batas di sekeliling layar) memungkinkan layar lebih besar dengan faktor bentuk dan ukuran yang kecil.
  • OLED (Organic Light-Emitting Diode). Tersedia pada beberapa laptop gaming, layar ini menggunakan piksel yang menghasilkan cahaya sendiri bukannya bergantung pada cahaya latar. Artinya OLED bisa menghasilkan tingkat warna hitam yang lebih gelap dan lebih kontras dibandingkan sebagian besar layar laptop, yang sering kali layar kristal cair yang disinari LED.

 

Baca Juga: ZenBook Flip 13 UX363EA: Reddot Design Award 2020 Winner

 

Chip Terbaru dari Intel yang siap bersaing melawan M1 Apple !

CPU

Cara sederhana untuk meningkatkan pengalaman PC portable adalah dengan menghubungkan laptop ke monitor eksternal. Hal ini memungkinkan opsi laptop dengan faktor bentuk dan ukuran yang portabel untuk digunakan saat bepergian, lalu saat pulang dihubungkan dengan layar dengan resolusi 4K, refresh rate 240 Hz, atau rasio aspek ultralebar.

Saat mempertimbangkan layar eksternal yang memiliki resolusi atau kecepatan refresh tinggi, pastikan Anda memiliki CPU dan kartu grafis yang mampu memanfaatkan fitur-fitur tersebut. Bandingkan komponen pada laptop yang Anda inginkan dengan spesifikasi yang disarankan untuk game yang ingin Anda mainkan, dan sesuaikan prioritaskan pilihan komponen Anda.

CPU, atau unit pemrosesan pusat, berfungsi sebagai “otak” laptop Anda. CPU mengirim sinyal ke komponen lain di sistem Anda, dan memproses instruksi yang diberikan oleh semua perangkat lunak yang berjalan di mesin Anda.

Pilihan CPU Anda berdampak signifikan terhadap semua hal yang Anda lakukan, dari kecepatan frame yang Anda lihat di game hingga waktu respons aplikasi, dan bahkan masa pakai baterai laptop.

Spesifikasi CPU yang paling sering disebut adalah jumlah inti dan kecepatan clock, tetapi banyak atribut lain yang berperan, termasuk potensi untuk overclocking4. Fitur CPU yang paling penting bagi Anda akan berbeda berdasarkan bagaimana Anda menggunakan laptop, sehingga penting untuk mengetahui dasar-dasarnya.

CPU: Fitur Utama

  • Kecepatan clock. Kecepatan clock menentukan jumlah siklus yang dijalankan CPU setiap detik (diukur dalam GHz). Secara umum, kecepatan clock yang lebih tinggi berarti CPU yang lebih cepat, tetapi banyak faktor lain yang berperan. Untuk rincian lebih lanjut tentang kecepatan clock CPU, lihat panduan kami.
  • Jumlah inti. Banyak inti membantu multitugas CPU, dengan setiap core bertindak seperti unit pemrosesan individu yang bisa bekerja secara paralel untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan. CPU yang menggunakan Intel® Hyper-Threading Technology dapat menjalankan lebih dari satu thread perangkat lunak per inti perangkat keras, untuk potensi peningkatan performa yang lebih besar.
  • Opsi CPU. Ada CPU yang dirancang khusus untuk hampir semua jenis penggunaan, jadi ada baiknya luangkan waktu untuk memilih CPU yang paling sesuai dengan tujuan penggunaan sistem. Jika Anda ingin jumlah inti lebih banyak dan kecepatan clock tinggi, rangkaian prosesor Intel® Core™ H mungkin paling sesuai. CPU tidak terkunci (seperti CPU Intel® Core™ i9-10980HK) dapat di-overclock4 untuk rentang performa tambahan. Jika Anda memprioritaskan portabilitas, CPU hemat daya seperti Seri U milik Intel akan membantu menghemat masa pakai baterai. Baca lebih lanjut tentang pilihan CPU yang berbeda di sini.

Untuk mempertahankan performa dalam game yang konsisten saat streaming atau merekam gameplay, kami menyarankan untuk setidaknya menggunakan prosesor Intel® Core™ i7. Kecepatan clock yang lebih tinggi dan jumlah inti lebih banyak sangat penting jika Anda ingin melakukan siaran langsung streaming gameplay, karena perangkat lunak tangkapan sering kali memerlukan daya pemrosesan yang signifikan untuk mengenkode video.

 

LAPTOP TERBARU DENGAN GRAFIS RTX 3000 SERIES DARI MSI !

GPU

GPU laptop, atau Unit Pemrosesan Grafis, menghasilkan piksel yang membentuk gambar di layar Anda saat bermain. Bersama dengan CPU, GPU merupakan komponen utama untuk menikmati kecepatan frame yang mulus dan gameplay dengan resolusi tinggi.

Jika Anda ingin bermain game dengan resolusi 1440p atau 4K, CPU dan GPU yang kuat merupakan sebuah keharusan. Resolusi yang lebih tinggi berarti lebih banyak piksel pada layar: menjalankan game dengan resolusi 4K, misalnya, menggunakan empat kali lipat piksel dibandingkan resolusi 1080p standar.

GPU: Fitur Utama

  • Kecepatan frame dan resolusi. Pastikan GPU dan CPU laptop gaming Anda dapat mencapai kecepatan frame yang konsisten saat merender resolusi yang Anda inginkan pada layar atau monitor eksternal. Bandingkan CPU dan GPU pada laptop yang Anda pertimbangkan dengan persyaratan sistem game yang ingin Anda mainkan untuk mendapatkan gambaran bagaimana performanya.
  • Kecepatan refresh layar. Jika Anda menggunakan layar 144 Hz, Anda menginginkan GPU yang dapat secara konsisten mencapai 144 frame per detik (atau lebih tinggi) untuk mendapatkan manfaat penuh kecepatan refresh yang lebih tinggi.
  • Pelacakan cahaya. Jika Anda berencana untuk mengaktifkan teknik redering yang menuntut perangkat keras untuk bekerja lebih intensif seperti teknologi pelacakan cahaya, periksa benchmark yang relevan dahulu untuk menilai bagaimana teknologi tersebut akan memengaruhi performa.

 

Baca Juga: Intel EVO: Evolusi Laptop Masa Kini Yang Tipis dan Efisien! 

 

SSD

Solid-state drives (SSD) mengalahkan drive mekanis yang lama (HDD) di sebagian besar bidang yang memengaruhi gaming. SSD menggunakan jenis memori flash (NAND) untuk secara elektronik membaca dan menulis blok data tanpa ada komponen yang bergerak. HDD, di sisi lain, menggunakan piringan mekanis yang diputar oleh motor, diakses menggunakan kepala drive yang bergerak.

Satu keunggulan utama SSD dibandingkan HDD adalah kecepatan baca/tulis acak tinggi, yang berarti SSD dapat dengan cepat mengakses data yang tersimpan di mana pun pada drive. SSD secara umum memuat program dan file lebih cepat dibandingkan HDD dengan ukuran yang setara, dan dapat membantu memotong waktu saat menyalakan sistem.

Karena SSD tidak menggunakan komponen yang bergerak, dan memiliki proses untuk meratakan keausan di blok memori, SSD juga memiliki masa pakai yang panjang dibandingkan HDD tradisional.

SSD biasanya memiliki harga lebih tinggi per gigabyte dibandingkan HDD karena biaya manufaktur yang lebih mahal. Karena alasan ini, beberapa sistem menggunakan SSD dan HDD dengan kapasitas tinggi untuk menyimpan file besar, meskipun semakin banyak laptop modern yang hanya mengandalkan SSD.

Penyimpanan Laptop: Fitur Utama

  • NVMe SSD. Drive ini menggunakan bus PCIe berkecepatan tinggi bukannya antarmuka SATA yang lama, memungkinkan kemampuan baca/tulis acak yang cepat serta throughput yang tinggi.
  • SSD SATA. Drive ini menggunakan konektor SATA seperti HDD tradisional. SSD SATA umumnya lebih cepat dan lebih awet dibandingkan HDD, tetapi lebih lambat daripada drive NVMe yang lebih baru.
  • Teknologi memori Intel® Optane™ Memori Intel® Optane™ adalah solusi berbasis NVMe ringkas yang memadukan teknologi penyimpanan baru dengan memori pintar yang mengarsip program dan file yang sering digunakan untuk dimuat dengan cepat. Teknologi ini dirancang untuk memuat aplikasi dan data penting dengan cepat, membuatnya sebagai pilihan yang luar biasa untuk digunakan sebagai drive boot.
  • Penyimpanan eksternal. Ketika dihadapkan dengan penyimpanan bawaan yang terbatas, hard drive atau SSD eksternal dapat memberikan tambahan ruang yang terjangkau.

 

RAM

Random Access Memory, atau RAM, adalah memori yang menyimpan data sementara untuk dimuat cepat oleh CPU Anda. Tidak seperti SSD atau HDD, RAM tidak secara permanen menyimpan data, dan akan diatur ulang saat daya mati, tetapi RAM membuat data yang sering digunakan dapat tersedia dengan lebih cepat dibandingkan drive penyimpanan.

Selain itu, RAM memungkinkan PC untuk menjalankan lebih banyak proses secara bersamaan, dan memungkinkan sistem untuk secara cepat beralih antar program sembari tetap menjalankan layanan di latar belakang.

Seberapa besar RAM yang Anda butuhkan pada laptop tergantung pada bagaimana Anda akan menggunakan sistem tersebut.

  • RAM 2-4 GB mungkin cukup untuk menelusuri internet, menjalankan aplikasi kerja ringan, atau game lama.
  • RAM 8 GB mungkin cukup untuk memainkan game tingkat menengah dan menjalankan sebagian besar aplikasi kerja. Banyak game PC modern mencantumkan RAM 8 GM atau lebih sebagai persyaratan sistem minimum.
  • RAM 16 GB memungkinkan sistem untuk menjalankan game baru dan menuntut sumber daya di pengaturan lebih tinggi, beberapa aplikasi latar belakang (seperti obrolan suara atau perekaman cuplikan video), serta perangkat lunak streaming.
  • RAM 32 GB ideal untuk multitugas yang intensif dengan sumber daya, termasuk bermain game, pembuatan konten, dan untuk mereka yang sering menggunakan proses yang menuntut memori seperti pengeditan video atau rendering.

Meskipun jumlah RAM yang tersedia pada sistem Anda boleh dikatakan metrik paling penting bagi rata-rata pengguna, terdapat fitur RAM lain yang juga patut dipertimbangkan.

RAM: Fitur Utama:

  • Kecepatan. Diukur dalam MHz (atau juta siklus per detik), frekuensi RAM mengukur kecepatan di mana RAM Anda dapat mengakses memori ketika menerima permintaan dari CPU.
  • Kemampuan Upgrade. Beberapa desain laptop gaming memungkinkan akses ke slot SO-DIMM internal di mana RAM dipasang. Namun, hal ini masih cukup jarang, sehingga pertimbangkan berapa RAM yang mungkin diperlukan untuk pengalaman yang Anda inginkan. Menambahkan RAM di kemudian hari mungkin tidak mudah dilakukan.
  • SO-DIMM. Perlu diperhatikan bahwa RAM laptop tidak dapat digunakan sebagai RAM desktop, dan sebaliknya. RAM laptop sering kali berukuran kecil, memiliki konfigurasi pin yang berbeda, dan muat dimasukkan ke slot SO-DIMM (small outline dual in-line memory module) bukan slot DIMM yang akan Anda jumpai pada sebagian besar motherboard desktop.

 

LAPTOP GAMING 2021

DESIGN

Laptop gaming hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Untuk opsi tingkat pemula mungkin berusaha untuk menyeimbangkan portabilitas dengan performa, sementara laptop gaming yang lebih canggih umumnya berukuran lebih besar. Namun, beberapa tahun terakhir, kompromi seperti itu menjadi semakin jarang. Laptop premium dengan desain termal canggih bisa tetap relatif tipis dan ringan sementara tetap menggunakan komponen dengan performa tinggi.

Pertimbangkan kompromi antara kekuatan, harga, portabilitas, maupun port yang tersedia serta tambahan penyempurna kinerja saat memikirkan desain laptop.

Desain: Fitur Utama

  • Kualitas rakitan Casing aluminium memungkinkan desain yang lebih tipis dan tahan lama dibandingkan plastik biasa.
  • Bezel. Cari panel yang tipis untuk mengurangi ukuran perangkat secara keseluruhan. Dengan mengurangi batas layar, produsen dapat membuat laptop menjadi lebih kecil sementara mempertahankan ukuran layar yang hampir sama.
  • Berat. Desain yang lebih tipis dan ringan berarti lebih mudah dibawa. Namun, laptop gaming yang tebal dan berat — juga dikenal sebagai musclebook — sering kali memiliki fitur yang berguna untuk konfigurasi stasioner di rumah, seperti lebih banyak pilihan input dan output (I/O), atau khususnya solusi pendinginan yang canggih.
  • Estetika Laptop premium mungkin memiliki sentuhan logam yang disikat, pencahayaan RGB yang dikendalikan pengguna, serta fitur desain yang menarik perhatian lainnya yang layak dipertimbangkan.
  • Tambahan mewah lain. Meski tidak umum, laptop gaming kelas atas mungkin memiliki beberapa layar, aspek rasio ultralebar, desain yang dapat di-overclock, perangkat keras yang dapat di-upgrade, atau bahkan keyboard dengan tombol mekanis.
  • Konektivitas Nirkabel. Sebagian besar laptop memiliki kartu nirkabel yang memungkinkan koneksi ke hotspot dan router rumah dengan pita 2,4 GHz atau 5 GHz. Untuk akses ke kecepatan internet nirkabel tercepat, cari komponen yang mendukung Wi-Fi 6. Fitur nirkabel lain yang perlu untuk diperhatikan adalah Bluetooth, yang menggunakan pita 2,4 GHz untuk menghubungkan periferal seperti headset atau kontrol pada sistem.

 

LAPTOP GAMING 2021

PORT

Semakin banyak port berarti semakin banyak pilihan untuk memperluas fungsionalitas laptop. Beberapa laptop gaming mungkin mengurangi jumlah port yang tersedia untuk mendapatkan faktor bentuk dan ukuran yang kecil, jadi pertimbangkan kekurangan ini saat membandingkan.

Port Laptop: Fitur Utama

  • Layar. Hubungkan monitor eksternal atau HDTV menggunakan port ini, port yang paling umum adalah HDMI dan DisplayPort.
  • Teknologi Thunderbolt™ 3. Teknologi koneksi serbaguna ini dapat mengirimkan video dan audio ke monitor menggunakan standar DisplayPort. Koneksi ini juga dapat mentransfer data empat kali lebih cepat dibandingkan USB 3.1, dan bahkan memasok daya. Koneksi ini sangat bermanfaat untuk konfigurasi beberapa monitor, atau untuk mentransfer data dalam jumlah besar ke drive eksternal. Tidak semua laptop mendukung teknologi Thunderbolt™ 3, jadi pastikan secara saksama jika Anda ingin memanfaatkannya.
  • USB. Port USB dapat digunakan untuk menghubungkan mouse, headset, hard drive eksternal, dan berbagai periferal lain. Nomor revisi seperti 2.0, 3.0, atau 3.1 mencerminkan kecepatan port dalam mentransfer data, sementara klasifikasi seperti “Tipe-A” dan “Tipe-C” mengacu pada bentuk konektor.
  • Audio. Sebagian besar laptop memiliki jack headphone 3,5 mm serta port USB untuk headset dan speaker yang kompatibel.
  • Ethernet. Jack Ethernet RJ-45 dapat memberikan koneksi yang cepat dan stabil untuk sistem Anda, dan bisa menjadi alternatif yang baik selain menggunakan Wi-Fi saat di rumah. Jika laptop tidak memiliki port Ethernet, adaptor USB ke ethernet juga dapat digunakan.
  • SD. Slot kartu SD memungkinkan Anda untuk memperluas kapasitas penyimpanan menggunakan kartu SDXC, dan memungkinkan transfer data cepat antarperangkat yang mendukung faktor bentuk dan ukuran ini. Hal ini bermanfaat khususnya untuk bidang yang sering melakukan transfer media, seperti fotografi dan videografi.

 

 

LAPTOP GAMING

INPUT LAPTOP

Jika laptop Anda memiliki port yang terbatas, pertimbangkan menggunakan hub USB multiport atau stasiun dok. Jika Anda kesulitan untuk menghubungkan mouse, headset, kamera web, hard drive eksternal, atau periferal lain ke laptop ramping yang hanya memiliki dua port USB, opsi ini dapat memberikan pilihan koneksi baru.

Peningkatan dalam pendinginan memungkinkan produsen laptop untuk mematahkan stereotip lama laptop gaming yang tebal dan berat. Kini, beberapa sistem yang paling canggih di pasaran adalah laptop tipis dengan sistem pendinginan yang dirancang dengan cermat.

Meskipun cara kerja internalnya kompleks, dasar-dasar sistem pendinginan dalam laptop sebagian besar masih terdiri dari ventilasi, kipas, pipa pendingin dan heatsink. Walau demikian, kemajuan besar telah dibuat untuk bagaimana alat pendinginan ini dirancang dan diterapkan, memungkinkan faktor bentuk dan ukuran kecil yang kita lihat di laptop gaming modern.

Membandingkan sistem pendinginan suatu sistem mungkin sulit jika hanya berdasarkan dari uraian produsen, sehingga Anda perlu untuk melihat ulasan untuk mengetahui tentang performa dunia nyata, dan bagaimana sistem pendinginan tersebut mungkin berkaitan dengan kebutuhan penggunaan Anda.

Manfaatkan keunggulan penuh opsi input dan output laptop dapat memberikan pengalaman gaming layaknya desktop di rumah. Hubungkan mouse gaming, keyboard yang lebih responsif, atau audio premium untuk menciptakan stasiun gaming berfitur lengkap dengan laptop di pusatnya.

Input Laptop: Fitur Utama

  • Keyboard mekanis. Meski sebagian besar laptop gaming tidak menggunakan sakelar mekanis, Anda dapat dengan mudah menghubungkan eksternal melalui USB untuk menikmati tata letak keyboard berukuran penuh dengan sakelar dan estetika yang Anda sukai.
  • Mouse gaming. Touchpad laptop telah berkembang sangat pesat, dan dirancang khusus untuk penggunaan sehari-hari yang nyaman. Namun, saat gaming banyak orang memilih untuk menghubungkan mouse dengan pilihan input tambahan untuk gerakan yang presisi dan dapat disesuaikan.
  • Headset dan audio. Headset gaming bisa sangat berguna untuk game multiplayer modern, dilengkapi dengan mikrofon yang tertanam dan keseimbangan yang dapat disesuaikan antara audio game dan obrolan suara. Banyak fitur baik konfigurasi stereo dan suara surround digital. Headset gaming biasanya dihubungkan menggunakan port USB, Bluetooth, atau jack audio 3,5 mm.
  • Speakers. Upgrade speaker bawaan laptop Anda dan ciptakan sound stage yang kaya dengan speaker desktop atau soundbar. Hubungkan speaker tradisional melalui USB atau kabel audio, atau gunakan speaker Bluetooth atau soundbar ringan untuk pengalaman audio yang lebih imersif.

 

Laptop Manakah Yang Tepat untuk Anda?

Saat memilih laptop, yang terpenting adalah untuk apa Anda menggunakan laptop.

Jika Anda ingin bermain game menggunakan monitor eksternal, akan lebih baik untuk memprioritaskan CPU dan GPU daripada layar bawaan yang kaya fitur. Jika Anda mengedit video atau membuat konten, RAM 32 GB, CPU yang solid, dan layar resolusi tinggi mungkin lebih penting daripada arsitektur GPU terbaru.

Ini bukan hanya membandingkan satu komponen laptop gaming atau faktor bentuk dan ukuran dengan komponen lain, tetapi tentang menentukan fitur terpenting bagi Anda, dan mendapatkan mesin yang memiliki segala hal yang Anda inginkan.

 

Untuk Spesifikasi lengkap dari laptop ini bisa didapatkan di fitur CARI pada kolom menu atas.

——————————————————————————————————-

Temukan laptop lainnya dengan harga terbaik hanya disini 

Baca artikel lainnya :

——————————————————————————————————-

Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *