Pilih Laptop | Website Spesifikasi Lengkap dan Review Laptop No. 1 di Indonesia

Pilih Laptop | Website Spesifikasi Lengkap dan Review Laptop No. 1 di Indonesia

Pemula? Ini Cara Mudah Overclock VGA Card Tanpa Ribet!

2 min read

Jika kamu sudah lama di dunia komputer, pasti sering mendengar istilah yang bernama overclock. Overclock sendiri memiliki artian meningkatkan kecepatan/performa clock speed jauh lebih cepat daripada bawaan pabrikan. Apabila kamu awam dalam melakukan overclock, kali ini mimin ingin mencoba memberi tahu kamu caranya dan bagai mana cara kerjanya. Yang kali ini akan coba kita overclock adalah komponen VGA Card. Seperti apa caranya? Yuk simak cara overclock VGA untuk pemula!

Cara Overclock VGA Untuk Pemula

Sumber foto: Gambar: ASUS

Apabila kamu merasa ingin mendapatkan performa lebih dari VGA kamu saat ini, dengan melakukan OC kamu bisa mendapatkan peningkatan performa rata-rata 10%. Ini dengan catatan kamu memakai stock cooling, apabila kamu memakai custom cooling atau water cooling tentu bisa lebih baik lagi

Tanpa berlama-lama lagi, ini dia langkah-langkah cara overclock VGA untuk pemula.

Langkah-Langkah Overclock VGA Untuk Pemula

Langkah 1

Download terlebih dahulu software bernama “MSI Afterburner” dan “Furmark”, jika sudah lanjutkan dengan proses installasi kedua software tersebut.

Langkah 2

Buka software “MSI Afterburner”, maka kamu akan menemukan sebagai berikut.

  • Core Voltage: Apabila kamu memakai stock cooling, sebaiknya bagian ini tidak perlu kamu ubah-ubah.
  • Core Clock: Menunjukan kecepatan core clock kamu saat ini masih sesuai reference speed.
  • Shader Clock: Apabila tidak ada slidernya abaikan saja, karena itu berarti terikat dengan kecepatan core clock.
  • Memory Clock: Menunjukan kecepatan memory clock kamu saat ini masih sesuai reference speed.
  • Fan Speed: Menunjukan kecepatan kipas VGA kamu saat ini, dimana masih diatur secara otomatis.

Langkah 3

Kita akan mulai melakukan overclock. Lakukan dengan satu parameter terlebih dahulu, jangan langsung semuanya. Terkecuali kamu ada referensi untuk pengaturannya, entah itu dari forum atau artikel IT terkait.

Contoh satu parameter itu seperti mulai atur Core Clock terlebih dahulu, jangan bersamaan dengan Memory Clock. Atur Core Clock +25 Mhz. Untuk pengaturan kipas, apabila kamu nggak masalah dengan bising langsung atur secara manual di 100%. Jika sudah, klik apply.

Langkah 4

Buka software bernama “Furmark”, lalu klik “GPU Stress Test”. Uji sekitar 10 menit, apabila kamu tidak menemukan artefak atau blue screen berarti aman.

Langkah 5

Lihat kembali software “MSI Afterburner”, pastikan suhu tidak melebihi 90’C. Pastikan juga semua sistem VGA berjalan sebagaimana mestinya.

Langkah 6

Apabila semua sudah oke, kembali ke langkah 3. Lakukan hingga mengalami salah satu baik artefak atau bluescreen. Jika sudah terjadi, turunkan kecepatan core clock untuk mendapatkan stabilitas atau naikan voltase apabila kamu memakai custom cooling atau water cooling.

Langkah 7

Selesai sudah kamu mengoverclock satu parameter, selanjutnya lakukan hal yang sama dengan Memory Clock.

`Catatan: Melakukan overclock VGA berlebihan atau tidak sesuai prosedur dapat menyebabkan kerusakan hardware permanen. Dimana tentunya kerusakan ini tidak bisa diclaim garansi.

Cara overclock VGA pemula, ternyata nggak sesulit yang kamu bayangkan bukan. Intinya adalah menjaga batas suhu aman dan menaikannya sedikit demi sedikit. Selamat mencoba ya!

Source : Blog ELS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *